Hasil UAN 2011

June 2, 2011 by   - dibaca 1,513 kali
Leave a Comment

suarasurabaya.net| Kota Surabaya hanya berada pada peringkat ketujuh rerata tertinggi hasil Ujian Nasional (UN) Jawa Timur dengan rerata nilai 32,43. Kabupaten Lamongan yang tempati posisi puncak dengan rerata nilai 33,57, diikuti Kabupaten Sidoarjo (33,52), Kabupaten Gresik (33,20), Kabupaten Pamekasan (32,92), Kabupaten Tulungagung (32,71), dan Kabupaten Sumenep (32,59).

Dilihat dari peringkat 10 besar sekolah dengan nilai UN tertinggi di Jawa Timur, tidak ada satupun sekolah di Surabaya yang masuk di dalamnya. Adapun sekolah yang masuk 5 besar hasil UN tertinggi di Jatim adalah : SMPN 2 Lamongan (36,29), SMPN 1 Taman (36,23), SMPN 1 Lumajang (36,17), SMPN 1 Madiun (35,97), dan SMP Muhammadiyah 25 Boarding School Lamongan (35,82).

Kota Surabaya hanya mampu menyumbangkan satu pelajarnya masuk 5 besar siswa dengan hasil UN tertinggi di Jawa Timur, yakni Fernaldy Frumentius Sutandyo dari SMP Kristen Petra 3 dengan nilai UN 38,40. Dia peroleh peringkat ketiga, di bawah Anas Jatikusuma dari SMPN 1 Tuban dengan hasil UN 39,10 dan Dwi Lia Oktaviana dari SMPN 3 Jombang dengan nilai UN 38,60.

SAHUDI Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya pada suarasurabaya.net menyatakan tidak mempermasalahkan hasil UN yang menempatkan Surabaya di bawah kabupaten-kabupaten ’pinggiran’

Menurut SAHUDI, pendidikan tidak hanya dinilai dari segi akademis. Minimal ada 2 faktor lain dalam pendidikan yang juga harus diperhatikan, yakni ketrampilan dan karakter.

”Inilah fakta pendidikan di kota metropolitan seperti di Surabaya. Dalam kebijakan pendidikan yang sudah diotonomikan, tiap daerah punya kebijakan tersendiri dan saling bersaing untuk mencapai yang terbaik. Kami di Surabaya lebih menitikberatkan pada pembangunan karakter, terutama kejujuran,” kata dia.

Di bidang ketrampilan misalnya seni dan olahraga, Surabaya terbukti lebih unggul dibandingkan daerah lainnya di kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jatim. Begitu juga di bidang seni, sejumlah sekolah di Surabaya sudah unjuk kebolehan bahkan sampai tingkat nasional.

Dibandingkan tahun lalu yang hanya berada di peringkat ke-14, kata Sahudi, posisi Surabaya sekarang lebih baik. Namun ditegaskannya, hasil ini akan menjadi evaluasi jajarannya untuk diperbaiki di tahun mendatang.

Sementara itu Harun Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur mengatakan hasil evaluasi UN Jawa Timur ini tidak dimaksud untuk membandingkan kabupaten/kota satu dengan lainnya karena dari hasil ini terlihat bahwa distribusi hasil nilai UN di Jawa Timur sudah merata, tidak lagi didominasi kota-kota besar.(edy)

Komentar Anda?

  1. January 20, 2012 at 06:40

    Yang mau nambah ilmu tentang IT silahkan daftar di sekolah kami SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG :D
    ini link pendaftaran online nya bang : http://psb.smktelkom-mlg.sch.id/

Komentar Anda?